translate

Sabtu, 13 April 2013

PERANGKAT TEMATIK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 1


Sebelumnya saya minta maaf apabila tulisan saya kurang lengkap, karena kesenpurnaan adalah milik Allah SWT dan kesalahan adalah milik saya. 
Semoga bermanfaat.


JARING-JARING TEMA


Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Tema                           : Diri Sendiri
Kelas/Semester           : I (Satu)/I (Satu)

Standar Kompetensi
Pendidikan Kewarganegaraan
1.      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Bahasa Indonesia
berbicara
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
Matematika
1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
.
Kompetensi Dasar
Pendidikan Kewarganegaraan
1.      1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Bahasa Indonesia
2.      1 memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Matematika
1.      2 Membilang banyak benda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                        : …………………………….
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Tema                           : Diri Sendiri
Kelas/Semester           : I (Satu)/I (Satu)
Alokasi waktu              : 2 X 30 menit

 I.          Standar Kompetensi
Pendidikan Kewarganegaraan
1.       Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Bahasa Indonesia
berbicara
2.       Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
Matematika
1.       Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
.
II.          Kompetensi Dasar
Pendidikan Kewarganegaraan
1.       1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Bahasa Indonesia
2.       1 memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Matematika
1.       2 Membilang banyak benda

III.          Indikator
Pendidikan Kewarganegaraan
A.        Kognitif
1.       Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
2.       Menjelaskan perbedaan agama
3.       Menjelaskan perbedaan suku bangsa
4.       mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
5.       menyebutkan agama-agama yang ada di indonesia
6.       menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan sekelas

B.        Psikomotor
1.      mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a.      cermat,
b.      Teliti, dan
c.       Percaya diri.

Afektif Ketrampilan sosial:
a.       Berpendapat.
b.      Bekerja sama.
c.       Menghormati pendapat teman.

Bahasa Indonesia
A.     Kognitif
1.       memperkenalkan identitas diri (nama lengkap, panggilan, kelas, usia, sekolah, dan tempat tinggal).
2.       Menyebutkan nama orang tua dan saudara kandung

B.      Psikomotor
1.       Menanyakan data diri, nama orang tua, dan saudara kandung teman sebangku.

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.  Jujur,
2.  tanggung jawab,
3.  Teliti, dan
4.  Percaya diri.

Afektif Ketrampilan sosial:
1.       Berpendapat.
2.       Bekerja sama.
3.       Menghormati pendapat teman.

Matematika
A.     Kognitif
1.       menyebutkan berapa banyak jumlah teman sekelas
2.       menyebutkan banyaknya teman laki-laki dan perempuan sekelas
3.       membilang banyaknya jumlah agama di Indonesia di hadapan teman-teman sekelas

B.      Psikomotor
1.       membilang banyak benda

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.     cermat,
2.     tanggung jawab,
3.     Teliti, dan
4.     Percaya diri.

Afektif Ketrampilan sosial:
1.       Berpendapat.
2.       Bekerja sama.
3.       Menghormati pendapat teman.

IV.          Tujuan Pembelajaran
       Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
       A.        Kognitif
             a.      Setelah melakukan Tanya jawab dengan guru dan membaca referensi, siswa mampu   menjelaskan perbedaan jenis kelamin dengan benar.
             b.      Setelah melakukan Tanya jawab dengan guru dan membaca referensi, siswa mampu menjelaskan perbedaan agama dengan benar.
            c.       Setelah melakukan Tanya jawab dengan guru dan membaca referensi, siswa mampu menjelaskan perbedaansuku bangsa dengan benar.
           d.      Setelah guru menjelaskan perbedaan jenis kelamin kepada siswa, siswa mampu mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin dengan tepat.
           e.      Setelah melakukan diskusi tentang perbedaan agama, siswa dapat menyebutkan perbedaan agama yang ada di Indonesia dengan tepat.
           f.        Setelah melakukan diskusi dan membaca referensi, siswa mampu menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan dengan baik.
          g.      Setelah melakukan identifikasi berbagai macam jenis permainan, siswa mampu menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan dengan tepat.

B.        Psikomotor
a.      Dengan ditunjukkan berbagai macam gambar jenis kelamin, tempat peribadatan, suku, siswa mampu mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

C.        Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, teliti, dan percaya diri.

Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.

Bahasa Indonesia
A.     Kognitif
a.      Setelah diberikan contoh bagaimana cara memperkenalkan identitas diri oleh guru, siswa mampu memperkenalkan identitas diri (nama lengkap, panggilan, kelas, usia, sekolah, dan tempat tinggal) dengan benar.
b.      Setelah melakukan Tanya jawab dngan teman sebangku, siswa mampu menyebutkan nama orang tua dan saudara kandung dengan tepat.
                                         
B.        Psikomotor
a.      Dengan dibimbing oleh guru bagaimana cara bertanya, siswa mampu menanyakan data diri, nama orang tua, dan saudara kandung teman sebangku dengan baik.

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter jujur, tanggung jawab, disiplin, teliti, dan percaya diri.

Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.
  
Matematika
A.     Kognitif
Kognitif Produk
a.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang membilang banyak benda, siswa mampu menyebutkan berapa banyak jumlah teman sekelas dengan benar.
b.      setelah mengidentifikasi berapa banyak jumlah teman laki-laki dan perempuan, siswa dapat menyebutkan banyaknya teman laki-laki dan perempuan sekelas dengan tepat.
c.       Setelah mempelajari tentang perbedaan agama di Indonesia, siswa dapat membilang banyaknya jumlah agama di Indonesia dihadapan teman-teman sekelas dengan benar.

B.      Psikomotor
a.      Setelah mengelompokkan berbagai kelompok, siswa mmampu membilang banyak benda denga benar.

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, tanggung jawab, disiplin, teliti, dan percaya diri.

Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.

V.          Materi Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Hidup rukun dalam keluarga:
·     Perbedaan jenis kelamin,
·     Perbedaan agama,
·     Perbedaan suku bangsa.

Bahasa Indonesia
Memperkenalkan:
·      identitas diri,
·      orang tua,
·      saudara kandung.
Matematika         
Membilang:
·      Banyak teman laki-laki,
·      Banyak teman perempuan,
·      Banyak agama,
·      Dll.

VI.            Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

VII.        Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran :  model pembelajaran langsung/Direct Instruction (MDI)
Metode Pembejaran  : Ceramah, diskusi, demonstrasi, dan penugasan.

VIII.        Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
1.    Apersepsi, memberikan motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti pelajaran dengan memberikan yel-yel sebagai berikut :
·      Jika guru mengatakan, “Siswaku!”
Siswa menjawab, “Sehat...kuat...rajin belajar...karena aku anak yang pintar...alhamdulillah yaa...kelas satu”
·      Menyanyikan lagu “jenis kelamin, agama, dan sukuku” kemudian memberikan pertanyaan seperti:
-       Setelah menyanyikan lagu, guru bertanya co tebak anak-anak ada berapa agama di indonesia?
     (Fase 1 MDI, metode tanya jawab)
2.      Mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari tentang perbedaan jenis kelamin, agam, dan suku bangsa,  mengkomunikasikan tujuan pembelajaran kognitif produk, kognitif proses, psikomotor, afektif keterampilan sosial, dan karakter. (Fase 1 MDI, metode ceramah)
Inti (40 menit)
a.      Eksplorasi







b.      Elaborasi






























c.       Konfirmasi
1.      Guru menyajikan informasi dengan menunjukkaan berbagai macam gambar orang laki-laki dan perempuan, tempat peribadatan, dan berbagai macam suku di indonesia. 
(Fase 2 MDI, metode ceramah)
2.      Guru mendemonstrasikan materi yang berkaitan dengan contoh gambar yang di bawa oleh guru di depan kelas .
(Fase 2 MDI, metode demonstrasi)
3.      Guru meminta salah satu siswa untuk memperkenalkan diri di depan kelas, dengan menyebutkan nama, jenis kelamin, alamat, agama, dll.
(Fase 3 MDI, metode penugasan)
4.      Guru mengajak siswa untuk menyebutkan contoh jenis kelamin, agama, dan suku apa saja yang ada di Indonesia.
(Fase 3 MDI, metode Tanya jawab)
5.      Memberikan LKS pada siswa dan meminta siswa untuk mengerjakan kegitan-kegiatan yang disediakan.
(Fase 3 MDI, metode penugasan)
6.      Guru membimbing siswa jika ada kesulitan saat melakukan/mengerjakan kegiatan pada LKS yang sudah di sediakan.
(Fase 3 MDI, metode penugasan)
7.      Meminta beberapa siswa untuk memperagakan kegiatan psikomotor yaitu mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa di Indonesia.
(Fase 3 MDI, metode penugasan)
8.      menempelkan gambar orang laki-laki dan perempuan, berbagai macam tempat peribadatan, dan suku bangsa di Indonesia yang telah di lakukan dengan memberikan keterangan jenis kelamin apa, agama apa, dan suku apa pada kegiatan tersebut, pada saat kegiatan ini dilakukan siswa diharapkan menunjukkan sikap cermat, Teliti percaya diri, dan kerapian saat menempel gambar.  
(Fase 3 MDI, metode penugasan)
9.      Melakukan evaluasi dari hasil kerja siswa secara bersama-sama, siswa diharapkan  menghargai usaha teman, menjadi pendengar yang baik saat ada teman yang mencoba menjawab hasil kerjanya.
(Fase 4 MDI, metode ceramah)
10.  Mengukur pemahaman siswa dengan memberikan lembar penilaian, kemudian meminta siswa mengerjakan soal-soal yang tersedia pada lembar penilaian tersebut secara individu.
(Fase 4  MDI, metode penugasan)
11.  Memberikan penghargaan (reward) berupa bintang kepada siswa yang kinerjanya baik.
(Fase 4 MDI, metode ceramah)
Penutup
(10 menit)
1.      Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman (kesimpulan) dari pembelajaran yang telah dilakukan dan mencatat hasil rangkuman secara individu untuk melatihkan kejujuran dan tanggung jawab.
(Fase 5 MDI, metode Tanya jawab)
2.      Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaimana perasaan siswa pada kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
(Fase 5 MDI, metode Tanya jawab)
3.      Tindak lanjut, siswa diminta untuk mengenal jenis, kelami, agama, dan suku teman dan saudara-saudaranya.
(Fase 5 MDI, metode penugasan)

IX.          Penilaian Hasil Belajar
a.      bentuk penilaian
·         tes tulis : pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian.
·         non tes : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.      spesifikasi penilaian
·         spesifikasi soal lembar penilaian.
·         Kisi-kisi penulisan soal LP kognitif produk.
c. instrumen penilaian
·         Lembar Kerja Siswa (LKS)
·         Kunci Lembar Kerja Siswa
·         LP 1 : Kognitif
·         Kunci LP 1 : Kognitif
·         LP 2 : Psikomotor
·         LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter
·         LP 4 : Pengamatan Keterampilan Sosial 

X.             sumber dan media Pembelajaran
                a.      Sumber pembelajaran
                      Pkn :
·         Kuswartinah, Ruliana. 2009. Kewarganegaraan 1. Solo: PT. Tiga Serangkai.
·         Tijan, dkk. 2008. Pendidikan Kewargane-garaan untuk SD/MI kelas I. Jakarta : Depdiknas
·         Suliasih, dkk.2008. PKn 1 untuk SD/MI kelas 1. Jakarta : Depdiknas
·         Lembar kerja siswa (LKS).

                    Bahasa Indonesia:
·         Karsidi. 2009. Indonesiaku 1. Solo: PT. Tiga Serangkai.
·         Ismail Kusmayadi, dkk.2008. Belajar Bahasa Indonesia itu menyenangkan. kelas 1. Jakarta : Depdiknas.
·         Lembar kerja siswa (LKS).

        Matematika:
·         Kismiantini. 2008. Dunia Matematika 1.Jakarta: Depdiknas
·         Djaelani. 2008. Matematika 1. Jakarta: Depdiknas.
·         Purnamasidi, dkk. 2008. Matematika 1. Jakarta: Depdiknas.
·        Lembar kerja siswa (LKS).

b.      Alat dan media pembelajaran
·         Alat berupa LCD.
·         Contoh berbagai gambar orang laki-laki dan perempuan, tempat peribadatan, macam suku, dll.
·         Video keberagaman suku, agama, jenis kelamin.                                                         

    

                                                                 Surabaya, 29 Oktober 2012
            Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I


      (........................................)                                    (AF. Suryaning Ati MZ.)

TABEL SPISIFIKASI:



Tujuan pembelajaran
Bentuk
LP dan Butir  Soal
Kunci Jawaban
Kognitif
1.       Menjelaskan perbedaan jenis kelamin

2.       Menjelaskan perbedaan agama
3.       Menjelaskan perbedaan suku bangsa
4.       mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
5.       menyebutkan agama-agama yang ada di indonesia
6.       menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan sekelas


Pilihan ganda, Jawaban singkat

Pilihan ganda, esay
Pilihan ganda, jawaban singkat
esay


esay


jawaban singkat, esay


LP 1 kognitif
A butir 1, 2
B butir 1, 2

A butir 3
C butir 2
A butir 4, 5
B butir 3, 4

C butir 1


C butir 2


B butir 5
C butir 3
Kunci jawaban LP 1
A butir 1, 2
B butir 1, 2

A butir 3
C butir 2
A butir 4, 5
B butir 3, 4

B butir 1


C butir 2

A butir 4, 5
B Butir 5
C butir 3

Psikomotor
1.      mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa



Kinerja






LP 2 psikomotor
RTK butir 1, 2, 3



Kunci jawaban
LP 2 psikomotor
RTK butir 1, 2, 3

Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, , , teliti, dan percaya diri.


pengamatan

LP 3 Perilaku berkarakter
RTK butir 1, 2, 3

Kunci jawaban
LP 3 Perilaku berkarakter
RTK butir 1, 2, 3
Afektif Keterampilan Sosial
        Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati pendapat teman selama pembelajaran berlansung.



pengamatan

LP 4 ketrampilan social RTK butir 1, 2, 3

Kunci jawaban
LP 4 ketrampilan social RTK butir 1, 2, 3

KISI-KISI:

Kisi-Kisi Penulisan Soal Lembar Penilaian Kognitif

Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar
Indikator
Tingkat Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Standar kompetensi:
1.     menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

kompetensi dasar:
1.     1 menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin


Ö




Pilihan ganda, Jawaban singkat

A butir 1, 2
B butir 1, 2

Menjelaskan perbedaan agama


Ö




Pilihan ganda, esay

A butir 3
C butir 2

Menjelaskan perbedaan suku bangsa



Ö




Pilihan ganda, jawaban singkat

A butir 4, 5
B butir 3, 4

mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin





Ö

esay

C butir 1


menyebutkan agama-agama yang ada di indonesia
Ö





esay

C butir 2


menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan sekelas

Ö





jawaban singkat, esay

B butir 5
C butir 3

LEMBAR PENILAIAN 1 KOGNITIF: 

Petunjuk : Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar.
A.  Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c!
1. nama anak yang berjenis kelamin laki-laki adalah….
a. shinta                 b. ahmad               c. mila
                            
2. nama anak di bawah ini yang berjenis kelamin perempuan adalah….
a. alfina                  b. antoni                c. rendi

3. kamu orang islam
Temanmu orang hindu
Temanmu sedang sakit
Sebaiknya kamu….
a. membiarkan        b. menjenguknya              c. memarahinya


4.  Indonesia terdiri atas bermacam….bangsa
a. pakaian              b. bahasa               c. suku

5.Perbedaan suku bangsa bukan halangan untuk…
a.    Berselisish          b. bersatu               c. berdebat

B.  Jawablah pertanyaan berikut dengan benar
1.     Kakek berjenis kelamin…
2.    Ibu berjenis kelamin…
3.    Mengejek suku bangsa lain merupakan perbuatan…
4.    Contoh suku bangsa di Indonesia adalah…
5.    Kelereng biasa dimainkan oleh…

C.  Jawablah pertanyaan berikut ini
1.     Siapa sajakah temanmu perempuan di sekolah
Dapatkah kamu menyebutkan empat anak
2.    Agama apa sajakah yang ada di Indonesia
3.    Sebutkan lima permainan yang sering dimainkan oleh laki-laki…


  …..Selamat mengerjakan…..
..…Good Luck…..
i