Sebelumnya saya minta maaf apabila tulisan saya kurang lengkap, karena kesenpurnaan adalah milik Allah SWT dan kesalahan adalah milik saya.
Semoga bermanfaat.
JARING-JARING TEMA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Tema :
Diri Sendiri
Kelas/Semester : I
(Satu)/I (Satu)
Standar Kompetensi
Pendidikan Kewarganegaraan
1.
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Bahasa Indonesia
berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan
fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
Matematika
1.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
sampai dengan 20
.
Kompetensi Dasar
Pendidikan Kewarganegaraan
1.
1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin,
agama, dan suku bangsa
Bahasa Indonesia
2.
1 memperkenalkan diri sendiri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Matematika
1.
2 Membilang banyak benda
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
…………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (Pkn)
Tema :
Diri Sendiri
Kelas/Semester : I
(Satu)/I (Satu)
Alokasi waktu :
2 X 30 menit
I.
Standar
Kompetensi
Pendidikan Kewarganegaraan
1.
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
Bahasa Indonesia
berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
Matematika
1.
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
.
II.
Kompetensi
Dasar
Pendidikan Kewarganegaraan
1.
1
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Bahasa Indonesia
2.
1
memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Matematika
1.
2
Membilang banyak benda
III.
Indikator
Pendidikan Kewarganegaraan
A.
Kognitif
1.
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin
2.
Menjelaskan
perbedaan agama
3.
Menjelaskan
perbedaan suku bangsa
4.
mengelompokkan
nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
5.
menyebutkan
agama-agama yang ada di indonesia
6.
menyebutkan
permainan apa saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan sekelas
B.
Psikomotor
1. mengelompokkan gambar sesuai perbedaan
jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a.
cermat,
b. Teliti, dan
c.
Percaya
diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
a. Berpendapat.
b. Bekerja sama.
c. Menghormati pendapat teman.
Bahasa Indonesia
A.
Kognitif
1.
memperkenalkan
identitas diri (nama lengkap, panggilan, kelas, usia, sekolah, dan tempat
tinggal).
2.
Menyebutkan
nama orang tua dan saudara kandung
B.
Psikomotor
1.
Menanyakan
data diri, nama orang tua, dan saudara kandung teman sebangku.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.
Jujur,
2.
tanggung
jawab,
3. Teliti, dan
4.
Percaya
diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1. Berpendapat.
2. Bekerja sama.
3. Menghormati pendapat teman.
Matematika
A.
Kognitif
1.
menyebutkan
berapa banyak jumlah teman sekelas
2.
menyebutkan
banyaknya teman laki-laki dan perempuan sekelas
3.
membilang
banyaknya jumlah agama di Indonesia di hadapan teman-teman sekelas
B.
Psikomotor
1.
membilang
banyak benda
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.
cermat,
2.
tanggung
jawab,
3. Teliti, dan
4.
Percaya
diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1. Berpendapat.
2. Bekerja sama.
3. Menghormati pendapat teman.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan (Pkn)
A.
Kognitif
a. Setelah melakukan Tanya jawab dengan
guru dan membaca referensi, siswa mampu menjelaskan perbedaan jenis kelamin
dengan benar.
b. Setelah melakukan Tanya jawab dengan
guru dan membaca referensi, siswa mampu menjelaskan perbedaan agama dengan
benar.
c. Setelah melakukan Tanya jawab dengan
guru dan membaca referensi, siswa mampu menjelaskan perbedaansuku bangsa dengan
benar.
d. Setelah guru menjelaskan perbedaan
jenis kelamin kepada siswa, siswa mampu mengelompokkan nama teman sekelas
berdasarkan jenis kelamin dengan tepat.
e. Setelah melakukan diskusi tentang perbedaan
agama, siswa dapat menyebutkan perbedaan agama yang ada di Indonesia dengan
tepat.
f.
Setelah
melakukan diskusi dan membaca referensi, siswa mampu menyebutkan permainan apa
saja yang biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan dengan baik.
g. Setelah melakukan identifikasi
berbagai macam jenis permainan, siswa mampu menyebutkan permainan apa saja yang
biasa dilakukan teman laki-laki dan perempuan dengan tepat.
B.
Psikomotor
a. Dengan ditunjukkan
berbagai macam gambar jenis kelamin, tempat peribadatan, suku, siswa mampu
mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, teliti, dan percaya
diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati teman.
Bahasa
Indonesia
A.
Kognitif
a. Setelah diberikan contoh bagaimana
cara memperkenalkan identitas diri oleh guru, siswa mampu memperkenalkan
identitas diri (nama lengkap, panggilan, kelas, usia, sekolah, dan tempat
tinggal) dengan benar.
b. Setelah melakukan Tanya jawab dngan
teman sebangku, siswa mampu menyebutkan nama orang tua dan saudara kandung
dengan tepat.
B.
Psikomotor
a. Dengan dibimbing oleh guru bagaimana
cara bertanya, siswa mampu menanyakan data diri, nama orang tua, dan saudara
kandung teman sebangku dengan baik.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter jujur, tanggung jawab,
disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati teman.
Matematika
A.
Kognitif
Kognitif
Produk
a. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru tentang membilang banyak benda, siswa mampu menyebutkan berapa banyak
jumlah teman sekelas dengan benar.
b. setelah mengidentifikasi berapa banyak
jumlah teman laki-laki dan perempuan, siswa dapat menyebutkan banyaknya teman
laki-laki dan perempuan sekelas dengan tepat.
c. Setelah mempelajari tentang perbedaan
agama di Indonesia, siswa dapat membilang banyaknya jumlah agama di Indonesia
dihadapan teman-teman sekelas dengan benar.
B.
Psikomotor
a. Setelah mengelompokkan berbagai
kelompok, siswa mmampu membilang banyak benda denga benar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, tanggung jawab,
disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati teman.
V.
Materi
Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Hidup
rukun dalam keluarga:
·
Perbedaan
jenis kelamin,
·
Perbedaan
agama,
·
Perbedaan
suku bangsa.
Bahasa Indonesia
Memperkenalkan:
·
identitas
diri,
·
orang
tua,
·
saudara
kandung.
Matematika
Membilang:
·
Banyak
teman laki-laki,
·
Banyak
teman perempuan,
·
Banyak
agama,
·
Dll.
VI.
Alokasi
Waktu : 2 X 30 menit
VII.
Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : model pembelajaran langsung/Direct Instruction (MDI)
Metode Pembejaran : Ceramah, diskusi, demonstrasi, dan penugasan.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
1.
Apersepsi,
memberikan motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti pelajaran dengan
memberikan yel-yel sebagai berikut :
· Jika guru mengatakan, “Siswaku!”
Siswa
menjawab, “Sehat...kuat...rajin belajar...karena aku anak yang
pintar...alhamdulillah yaa...kelas satu”
· Menyanyikan lagu “jenis kelamin, agama, dan
sukuku” kemudian memberikan pertanyaan seperti:
-
Setelah
menyanyikan lagu, guru bertanya co tebak anak-anak ada berapa agama di
indonesia?
(Fase 1 MDI, metode tanya jawab)
2.
Mengaitkan
jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari tentang perbedaan jenis
kelamin, agam, dan suku bangsa,
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran kognitif produk, kognitif
proses, psikomotor, afektif keterampilan sosial, dan karakter. (Fase 1 MDI, metode ceramah)
|
Inti (40 menit)
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
|
1.
Guru menyajikan informasi dengan menunjukkaan
berbagai macam gambar orang laki-laki dan perempuan, tempat peribadatan, dan
berbagai macam suku di indonesia.
(Fase 2
MDI, metode ceramah)
2.
Guru mendemonstrasikan materi yang
berkaitan dengan contoh gambar yang di bawa oleh guru di depan kelas .
(Fase 2
MDI, metode demonstrasi)
3.
Guru
meminta salah satu siswa untuk memperkenalkan diri di depan kelas, dengan
menyebutkan nama, jenis kelamin, alamat, agama, dll.
(Fase 3 MDI,
metode penugasan)
4.
Guru
mengajak siswa untuk menyebutkan contoh jenis kelamin, agama, dan suku apa
saja yang ada di Indonesia.
(Fase 3
MDI, metode Tanya jawab)
5.
Memberikan
LKS pada siswa dan meminta siswa untuk mengerjakan kegitan-kegiatan yang
disediakan.
(Fase 3
MDI, metode penugasan)
6.
Guru membimbing siswa jika ada kesulitan
saat melakukan/mengerjakan kegiatan pada LKS yang sudah di sediakan.
(Fase 3
MDI, metode penugasan)
7.
Meminta
beberapa siswa untuk memperagakan kegiatan psikomotor yaitu mengelompokkan
gambar sesuai perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa di Indonesia.
(Fase 3
MDI, metode penugasan)
8.
menempelkan
gambar orang laki-laki dan perempuan, berbagai macam tempat peribadatan, dan
suku bangsa di Indonesia yang telah di lakukan dengan memberikan keterangan jenis
kelamin apa, agama apa, dan suku apa pada kegiatan tersebut, pada saat
kegiatan ini dilakukan siswa diharapkan menunjukkan
sikap cermat, Teliti percaya diri, dan kerapian saat menempel
gambar.
(Fase 3 MDI,
metode penugasan)
9.
Melakukan
evaluasi dari hasil kerja siswa secara bersama-sama, siswa diharapkan menghargai
usaha teman, menjadi pendengar yang
baik saat ada teman yang mencoba menjawab hasil kerjanya.
(Fase 4
MDI, metode ceramah)
10.
Mengukur pemahaman siswa dengan memberikan lembar penilaian,
kemudian meminta siswa mengerjakan soal-soal yang tersedia pada lembar penilaian
tersebut secara individu.
(Fase
4 MDI, metode penugasan)
11.
Memberikan
penghargaan (reward) berupa
bintang kepada siswa yang kinerjanya baik.
(Fase 4
MDI, metode ceramah)
|
Penutup
(10 menit)
|
1.
Guru
bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman (kesimpulan) dari pembelajaran
yang telah dilakukan dan mencatat hasil rangkuman secara individu untuk
melatihkan kejujuran dan tanggung jawab.
(Fase 5
MDI, metode Tanya jawab)
2.
Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa
bagaimana perasaan siswa pada kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
(Fase 5
MDI, metode Tanya jawab)
3.
Tindak lanjut, siswa diminta untuk mengenal jenis, kelami, agama,
dan suku teman dan saudara-saudaranya.
(Fase 5
MDI, metode penugasan)
|
IX.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
bentuk
penilaian
·
tes tulis : pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian.
·
non tes : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.
spesifikasi
penilaian
·
spesifikasi soal lembar penilaian.
·
Kisi-kisi penulisan soal LP kognitif produk.
c.
instrumen penilaian
·
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
·
Kunci
Lembar Kerja Siswa
·
LP 1
: Kognitif
·
Kunci
LP 1 : Kognitif
·
LP 2
: Psikomotor
·
LP 3
: Pengamatan Perilaku Berkarakter
·
LP 4
: Pengamatan Keterampilan Sosial
X.
sumber dan media Pembelajaran
a.
Sumber
pembelajaran
Pkn
:
·
Kuswartinah,
Ruliana. 2009. Kewarganegaraan 1.
Solo: PT. Tiga Serangkai.
·
Tijan,
dkk. 2008. Pendidikan Kewargane-garaan
untuk SD/MI kelas I. Jakarta : Depdiknas
·
Suliasih,
dkk.2008. PKn 1 untuk SD/MI kelas 1.
Jakarta : Depdiknas
·
Lembar kerja siswa (LKS).
Bahasa Indonesia:
·
Karsidi.
2009. Indonesiaku 1. Solo: PT. Tiga
Serangkai.
·
Ismail
Kusmayadi, dkk.2008. Belajar Bahasa
Indonesia itu menyenangkan. kelas 1. Jakarta : Depdiknas.
·
Lembar kerja siswa (LKS).
Matematika:
·
Kismiantini.
2008. Dunia Matematika 1.Jakarta: Depdiknas
·
Djaelani.
2008. Matematika 1. Jakarta: Depdiknas.
·
Purnamasidi,
dkk. 2008. Matematika 1. Jakarta: Depdiknas.
·
Lembar kerja siswa (LKS).
b.
Alat dan
media pembelajaran
·
Alat berupa LCD.
·
Contoh berbagai
gambar orang laki-laki dan perempuan, tempat peribadatan, macam suku, dll.
·
Video keberagaman
suku, agama, jenis kelamin.
Surabaya,
29 Oktober 2012
Kepala
Sekolah Guru
Kelas I
(........................................) (AF. Suryaning Ati MZ.)
TABEL SPISIFIKASI:
LEMBAR PENILAIAN 1 KOGNITIF:
Tujuan pembelajaran
|
Bentuk
|
LP dan Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Kognitif
1. Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
2. Menjelaskan perbedaan agama
3. Menjelaskan perbedaan suku bangsa
4. mengelompokkan nama teman sekelas
berdasarkan jenis kelamin
5. menyebutkan agama-agama yang ada di
indonesia
6. menyebutkan permainan apa saja yang biasa
dilakukan teman laki-laki dan perempuan sekelas
|
Pilihan ganda, Jawaban singkat
Pilihan ganda, esay
Pilihan ganda, jawaban
singkat
esay
esay
jawaban singkat, esay
|
LP 1 kognitif
A butir 1, 2
B butir 1, 2
A butir 3
C butir 2
A butir 4, 5
B butir 3, 4
C butir 1
C butir 2
B butir 5
C butir 3
|
Kunci jawaban LP 1
A butir 1, 2
B butir 1, 2
A butir 3
C butir 2
A butir 4, 5
B butir 3, 4
B butir 1
C butir 2
A butir 4, 5
B Butir 5
C butir 3
|
Psikomotor
1.
mengelompokkan gambar sesuai perbedaan jenis
kelamin, agama, dan suku bangsa
|
Kinerja
|
LP 2 psikomotor
RTK butir 1, 2, 3
|
Kunci jawaban
LP 2 psikomotor
RTK butir 1, 2, 3
|
Afektif
Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, , , teliti,
dan percaya diri.
|
pengamatan
|
LP 3 Perilaku
berkarakter
RTK butir 1, 2, 3
|
Kunci jawaban
LP 3 Perilaku
berkarakter
RTK butir 1, 2, 3
|
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati pendapat teman selama pembelajaran
berlansung.
|
pengamatan
|
LP 4 ketrampilan social
RTK butir 1, 2, 3
|
Kunci jawaban
LP 4 ketrampilan social
RTK butir 1, 2, 3
|
KISI-KISI:
Kisi-Kisi Penulisan Soal Lembar Penilaian Kognitif
Standar Kompetensi/ Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tingkat Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||
Standar
kompetensi:
1.
menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
kompetensi dasar:
1.
1 menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan
suku bangsa
|
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
|
|
Ö
|
|
|
|
|
Pilihan ganda, Jawaban
singkat
|
A butir 1, 2
B butir 1, 2
|
Menjelaskan perbedaan agama
|
|
Ö
|
|
|
|
|
Pilihan ganda, esay
|
A butir 3
C butir 2
|
|
Menjelaskan perbedaan suku bangsa
|
|
Ö
|
|
|
|
|
Pilihan ganda, jawaban
singkat
|
A butir 4, 5
B butir 3, 4
|
|
mengelompokkan nama teman sekelas berdasarkan jenis kelamin
|
|
|
|
|
Ö
|
|
esay
|
C butir 1
|
|
|
menyebutkan agama-agama yang ada di indonesia
|
Ö
|
|
|
|
|
|
esay
|
C butir 2
|
|
menyebutkan permainan apa saja yang biasa dilakukan teman
laki-laki dan perempuan sekelas
|
Ö
|
|
|
|
|
|
jawaban singkat, esay
|
B butir 5
C butir 3
|
Petunjuk : Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar.
A. Pilih jawaban
yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c!
1. nama anak yang berjenis kelamin laki-laki adalah….
a. shinta b.
ahmad c. mila
2. nama anak di bawah ini yang berjenis kelamin perempuan adalah….
a. alfina b.
antoni c. rendi
3. kamu orang islam
Temanmu orang hindu
Temanmu sedang sakit
Sebaiknya kamu….
a. membiarkan b.
menjenguknya c. memarahinya
4. Indonesia terdiri atas bermacam….bangsa
a. pakaian b.
bahasa c. suku
5.Perbedaan
suku bangsa bukan halangan untuk…
a. Berselisish b. bersatu c. berdebat
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan
benar
1.
Kakek berjenis kelamin…
2.
Ibu berjenis kelamin…
3.
Mengejek suku bangsa lain merupakan
perbuatan…
4.
Contoh suku bangsa di Indonesia adalah…
5.
Kelereng biasa dimainkan oleh…
C. Jawablah pertanyaan berikut ini
1.
Siapa sajakah temanmu perempuan di
sekolah
Dapatkah
kamu menyebutkan empat anak
2.
Agama apa sajakah yang ada di Indonesia
3.
Sebutkan lima permainan yang sering
dimainkan oleh laki-laki…
…..Selamat mengerjakan…..
..…Good
Luck…..
i