RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
…………………………….
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : I
(Satu)/I (Satu)
Pokok bahasan : bangun
ruang
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
3. Mengenal beberapa bangun ruang
II.
Kompetensi
Dasar
3. 2 menentukan urutan benda-benda ruang yang
sejenis menurut besarnya
III.
Indikator
A.
Kognitif
produk
a.
Mengurutkan
benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
b.
Menjelaskan
benda-benda apa yang bangun ruang sejenis sesuai urutan besarnya
Proses
a.
Mengamati
benda-benda ruang sejenis
b.
Mengelompokkan
bangun ruang sejenis menurut besarnya
B.
Psikomotor
a.
Menyusun
benda-benda ruang sederhana sesuai dengan urutan besarnya
C. Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a. Percaya diri
b. Teliti
c. Cermat
Afektif Ketrampilan sosial:
a. Berpendapat
b.
Kerjasama
c.
Menghormati teman
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
Kognitif
Produk
a.
Dengan
ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran, siswa
mampu Mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dengan benar.
b.
Dengan
melakukan diskusi tentang mengurutkan bangun ruang, siswa mampu Menjelaskan benda-benda
apa yang termasuk bangun ruang sejenis sesuai urutan besarnya dengan benar.
Proses
a.
Dengan
melihat contoh berbagai macam gambar bangun ruang di papan tulis, siswa mampu Mengamati
benda-benda ruang sejenis dengan baik.
b.
Dengan
ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran,
siswa mampu Mengelompokkan bangun ruang sejenis menurut besarnya dngan tepat.
B.
Psikomotor
a.
Dengan
ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran,
siswa mampu Menyusun benda-benda ruang sederhana sesuai dengan urutan besarnya
dengan benar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter Jujur, cermat, percaya
diri, teliti, Kerja keras, Tanggung jawab.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social Komunikatif, Berpendapat,
Menghormati teman
V.
Materi
Pembelajaran
·
Bangun ruang
Mengururkan benda ruang yang sejenis
VI.
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (2 jam pelajaran)
VII.
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : student centered learning
Model Pembelajaran : Examples non examples (MPK)
Metode Pembejaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Pendahuluan
(10
menit)
|
1.
Membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapaan hangat kemudian mengajak
siswa untuk mengucapkan yel-yel.
2.
Memberikan
apersepsi dengan Guru memancing perhatian dengan memberikan contoh gambar
bangun ruang dan benda- benda ruang yang ada di kelas, siswa diajak untuk
menebak apa yang sedang di bawa oleh guru.
Tahukah
kalian gambar bangun ruang apa ini apa
ini?
Besar mana
almari dengan kotak pensil?
(MPK
Fase 1, metode Tanya jawab)
3.
Mengomunikasikan
tujuan pembelajaran yang ingin di capai yaitu tentang mengurutkan benda-benda
ruang yang sejenis menurut besarnya.
(MPK Fase
1, metode ceramah)
|
Inti (50 menit)
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
|
1.
guru menempelkan
gambar berbagai macam bangun ruang dengan ukuran yang berbeda-beda di papan
tulis.
(MPK Fase
2, Tanya jawab)
2.
guru
memberi petunjuk kepada siswa untuk mengelompokkan gambar bangun ruang yang
ditempel sesuai dengan jenis, siswa mengamati gambar untuk diurutkan dari
kecil sampai besar atau sebaliknya secara
cermat dan teliti.
(MPK Fase
3, metode ceramah)
3.
guru
menjelaskan materi tentang bagaimana cara mengelompokkan dan mengurutkan
bangun ruang sejenis.
(MPK Fase
3, metode Ceramah)
4.
guru Mengorganisasikan
siswa secara berkelompok. Guru membagi siswa dalam suatu kelompok, satu
kelompok beranggotakan 3 orang. Dipandu dengan bantuanLKS dan gambar berbagai
macam jenis bangun ruang, guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok
serta melakukan diskusi, mengerjakan soal dengan dan menarik kesimpulan secara jujur dan tanggung jawab.
(MPK Fase
4, metode diskusi)
5.
Guru
membantu siswa menyajikan hasil diskusi dari gambar dengan dicatat pada
kertas.
(MPK Fase
4, metode Ceramah)
6.
Melakukan
evaluasi dengan menyampaikan hasil kinerjanya dengan percaya diri. Setiap kelompok dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas lalu kelompok lain diberi kesempatan bertanya dan menanggapinya dengan menyumbang ide atau berpendapat.
(MPK Fase
5, metode diskusi dan pemberian tugas)
7.
Guru memberi tanggapan serta umpan balik dari presentasi siswa mendengarkan penjelasan dari teman dan
guru dengan cermat.
(MPK Fase
6, metode ceramah)
8.
Guru menjelaskan meteri yang dirasa kurang dimengerti oleh siswa
dengan jelas.
(MPK Fase
7, metode ceramah dan Tanya jawab)
|
Penutup
(10 menit)
|
1.
Membimbing
siswa melakukan refleksi dengan menyumbangkan ide untuk membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari dan mencatat hasil rangkuman secara individu
untuk melatih sifat kejujuran.
2.
Guru
mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan tes hasil belajar
secara individu dengan teliti.
3.
Guru
menutup pelajaran.
|
IX.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
bentuk
penilaian
·
tes tulis : pilihan ganda dan uraian.
·
kinerja : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.
spesifikasi
penilaian
·
spesifikasi soal lembar penilaian.
·
Kisi-kisi penulisan soal LP kognitif produk.
c.
instrumen penilaian
·
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
·
Kunci
Lembar Kerja Siswa
·
LP 1
: Produk
·
Kunci
LP 1 : Produk
·
LP 2
: Proses
·
Kunci
LP 2 : Proses
·
LP 3
: Psikomotor
·
LP 4
: Pengamatan Perilaku Berkarakter
·
LP 5
: Pengamatan Keterampilan Sosial
X.
sumber dan media Pembelajaran
a.
Sumber
pembelajaran
·
Kismiantini
dan Dyan Indrawati. 2008. Dunia
matematika untuk kelas 1 SD/MI BSE. Jakarta: Pusat perbukuan.
·
Djaelani dan Edi Wiyono. 2008. Matematika untuk SD/MI kelas 1 BSE.
Jakarta: Pusat perbukuan.
·
Purnomosidi,
Endang, dan Wiyanto. 2008. Matematika 1
untuk SD/MI kelas 1 BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan.
·
Wakino.
2008. Matematika 1 untuk SD/MI kelas 1
BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan.
·
Materi
ajar.
·
LKS
b.
Media
pembelajaran
·
Papan tulis
·
Berbagai macam contoh
gambar bangun ruang dengan ukuran yang berbeda-beda.
·
Benda-benda bangun ruang
yang ada di dalam kelas.
Surabaya, 1 November 2012
Kepala
Sekolah Guru
Kelas VI
(........................................) (AF. Suryaning Ati MZ.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar