translate

Minggu, 10 Februari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                        : …………………………….
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : I (Satu)/I  (Satu)
Pokok bahasan            : bangun ruang
Alokasi waktu              : 2 x 35 menit


 I.          Standar Kompetensi
3. Mengenal beberapa bangun ruang

II.          Kompetensi Dasar
3. 2 menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya

III.          Indikator
A.        Kognitif
produk
a.      Mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
b.      Menjelaskan benda-benda apa yang bangun ruang sejenis sesuai urutan besarnya
Proses
a.      Mengamati benda-benda ruang sejenis
b.      Mengelompokkan bangun ruang sejenis menurut besarnya

B.      Psikomotor
a.      Menyusun benda-benda ruang sederhana sesuai dengan urutan besarnya


C. Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a.      Percaya diri
b.      Teliti
c.       Cermat
Afektif Ketrampilan sosial:
a.      Berpendapat
b.      Kerjasama
c.       Menghormati teman

IV.          Tujuan Pembelajaran
A.        Kognitif
Kognitif Produk
a.      Dengan ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran, siswa mampu Mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dengan benar.
b.      Dengan melakukan diskusi tentang mengurutkan bangun ruang, siswa mampu Menjelaskan benda-benda apa yang termasuk bangun ruang sejenis sesuai urutan besarnya dengan benar.
Proses
a.      Dengan melihat contoh berbagai macam gambar bangun ruang di papan tulis, siswa mampu Mengamati benda-benda ruang sejenis dengan baik.
b.      Dengan ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran, siswa mampu Mengelompokkan bangun ruang sejenis menurut besarnya dngan tepat.



B.      Psikomotor
a.      Dengan ditunjukkan berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan berbagai ukuran, siswa mampu Menyusun benda-benda ruang sederhana sesuai dengan urutan besarnya dengan benar.

C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter Jujur, cermat, percaya diri, teliti, Kerja keras, Tanggung jawab.

Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social Komunikatif, Berpendapat, Menghormati teman

V.          Materi Pembelajaran
·         Bangun ruang
Mengururkan benda ruang yang sejenis

VI.          Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (2 jam pelajaran)

VII.        Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran        : student centered learning
Model Pembelajaran                 :  Examples non examples (MPK)
Metode Pembejaran                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.


VIII.        Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
(10  menit)
1.      Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapaan hangat kemudian mengajak siswa untuk mengucapkan yel-yel.
2.      Memberikan apersepsi dengan Guru memancing perhatian dengan memberikan contoh gambar bangun ruang dan benda- benda ruang yang ada di kelas, siswa diajak untuk menebak apa yang sedang di bawa oleh guru.
*      Tahukah kalian gambar bangun ruang apa ini  apa ini?
*      Besar mana almari dengan kotak pensil?
      (MPK  Fase 1, metode Tanya jawab)
3.       Mengomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai yaitu tentang mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
(MPK Fase 1, metode ceramah)
Inti (50 menit)
a.      Eksplorasi












b.      Elaborasi



















c.       Konfirmasi
1.      guru menempelkan gambar berbagai macam bangun ruang dengan ukuran yang berbeda-beda di papan tulis.
(MPK Fase 2, Tanya jawab)
2.      guru memberi petunjuk kepada siswa untuk mengelompokkan gambar bangun ruang yang ditempel sesuai dengan jenis, siswa mengamati gambar untuk diurutkan dari kecil sampai besar atau sebaliknya secara cermat dan teliti.
(MPK Fase 3, metode ceramah)
3.      guru menjelaskan materi tentang bagaimana cara mengelompokkan dan mengurutkan bangun ruang sejenis.
(MPK Fase 3, metode Ceramah)
4.      guru Mengorganisasikan siswa secara berkelompok. Guru membagi siswa dalam suatu kelompok, satu kelompok beranggotakan 3 orang. Dipandu dengan bantuanLKS dan gambar berbagai macam jenis bangun ruang, guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok serta melakukan diskusi, mengerjakan soal dengan dan menarik kesimpulan secara jujur dan tanggung jawab.
(MPK Fase 4, metode diskusi)
5.      Guru membantu siswa menyajikan hasil diskusi dari gambar dengan dicatat pada kertas.
(MPK Fase 4, metode Ceramah)
6.      Melakukan evaluasi dengan menyampaikan hasil kinerjanya dengan percaya diri. Setiap kelompok dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas lalu kelompok lain diberi kesempatan bertanya dan menanggapinya dengan menyumbang ide atau berpendapat.
(MPK Fase 5, metode diskusi dan pemberian tugas)
7.      Guru memberi tanggapan serta umpan balik dari presentasi siswa mendengarkan penjelasan dari teman dan guru dengan cermat.
(MPK Fase 6, metode ceramah)
8.      Guru menjelaskan meteri yang dirasa kurang dimengerti oleh siswa dengan jelas.
(MPK Fase 7, metode ceramah dan Tanya jawab)
Penutup
(10 menit)
1.      Membimbing siswa melakukan refleksi dengan menyumbangkan ide untuk membuat rangkuman materi yang telah dipelajari dan mencatat hasil rangkuman secara individu untuk melatih sifat kejujuran.
2.      Guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan tes hasil belajar secara individu dengan teliti.
3.      Guru menutup pelajaran.

IX.          Penilaian Hasil Belajar
a.      bentuk penilaian
·         tes tulis : pilihan ganda dan uraian.
·         kinerja : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.      spesifikasi penilaian
·         spesifikasi soal lembar penilaian.
·         Kisi-kisi penulisan soal LP kognitif produk.
c. instrumen penilaian
·         Lembar Kerja Siswa (LKS)
·         Kunci Lembar Kerja Siswa
·         LP 1 : Produk
·         Kunci LP 1 : Produk
·         LP 2 : Proses
·         Kunci LP 2 : Proses
·         LP 3 : Psikomotor
·         LP 4 : Pengamatan Perilaku Berkarakter
·         LP 5 : Pengamatan Keterampilan Sosial


X.             sumber dan media Pembelajaran
a.      Sumber pembelajaran
·         Kismiantini dan Dyan Indrawati. 2008. Dunia matematika untuk kelas 1 SD/MI BSE. Jakarta: Pusat perbukuan.
·          Djaelani dan Edi Wiyono. 2008. Matematika untuk SD/MI kelas 1 BSE. Jakarta: Pusat perbukuan.
·         Purnomosidi, Endang, dan Wiyanto. 2008. Matematika 1 untuk SD/MI kelas 1 BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan.
·         Wakino. 2008. Matematika 1 untuk SD/MI kelas 1 BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan.
·         Materi ajar.
·         LKS

b.      Media pembelajaran
·         Papan tulis
·         Berbagai macam contoh gambar bangun ruang dengan ukuran yang berbeda-beda.
·         Benda-benda bangun ruang yang ada di dalam kelas.
                                                                

                                                                
Surabaya, 1 November 2012
            Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas VI

      (........................................)                                    (AF. Suryaning Ati MZ.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar