RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : …………………………….
Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester :
III (Tiga)/II (Dua)
Tema :Teknologi
Alokasi
waktu : 2 X 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Ilmu Pengetahuan Alam
Energi dan perubahannya
4.
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energy dan sumber energy
Matematika
4.
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Bahasa
Indonesia
6. menggungkapkan pikiran, perasaan, dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
.
II.
Kompetensi
Dasar
Ilmu Pengetahuan Alam
4. 1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak
benda dipengaruhi oleh bentukdan ukuran
Matematika
4. 1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar
sederhana menurut sifat atau unsurnya.
Bahasa Indonesia
6.
2 menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.
III.
Indikator
Ilmu Pengetahuan Alam
A.
Kognitif
Kognitif
Produk
a.
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda jatuh melalui
percobaan
b.
Mengidentifikasi berbagai gerak benda menggalir melalui percobaan
c.
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda memantul melalui
percobaan
d.
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda menggelinding
melalui percobaan
e.
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda berputar melalui
percobaan
f.
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda tenggelam melalui
percobaan
g.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
Kognitif Proses
a. Menyimpulkan pengertian gerak benda buku paket
b. Menganalisis gerak benda jatuh
c.
Menganalisis
gerak benda mengalir
d. Menganalisis gerak benda memantul
e. Menganalisis gerak benda menggelinding
f.
Menganalisis
gerak benda berputar
g. Menganalisis gerak benda tenggelam
B.
Psikomotor
a. Melakukan Percobaan gerak benda jatuh, mengalir, memantul,
menggelinding, berputar, tenggelam
b. Membuat
Kesimpulan faktor gerak benda yang dipengaruhi
oleh permukaan benda
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a.
cermat,
b. Teliti,
c.
Percaya
diri.
d.
Jujur,
e.
Tanggung
jawab.
Afektif Ketrampilan sosial:
a. Berpendapat.
b. Bekerja sama.
c. Menghormati pendapat teman.
Bahasa Indonesia
A.
Kognitif
Kognitif
produk
a.
Menyebutkan
sifat berbagai macam bangun datar sederhana.
b.
Menjelaskan
sifat-sifat bagun datar.
c.
Mengidentifikasi
sifat atau unsur bangun datar sederhana.
Kognitif
proses
a.
Mengidentifikasi
sisfat-sifat bangun datar sederhana.
B.
Psikomotor
a.
Membuat gambar bangun datar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.
Jujur,
2.
tanggung
jawab,
3. Teliti, dan
4.
Percaya
diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1. Berpendapat.
2. Bekerja sama.
3. Menghormati pendapat teman.
Matematika
A.
Kognitif
Kognitif
produk
a.
Menjelaskan
definisi eristiwa yang pernah dialami, didengar, atau dilihat.
b.
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.
Kognitif
proses
a.
Mengidentifiasi
peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.
B.
Psikomotor
a.
Mendemonstrasikan peristiwa yang pernah
dialami, dilihat, atau didengar didepan kelas.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.
cermat,
2.
tanggung
jawab,
3. Teliti, dan
4.
Percaya
diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1. Berpendapat.
2. Bekerja sama.
3. Menghormati pendapat teman.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
A.
Kognitif
Kognitif
Produk
a. Setelah
mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda jatuh, siswa mampu Mengidentifikasi
berbagai gerak benda jatuh melalui
percobaan dengan benar.
b. Setelah
mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda menggalir, siswa
mampu Mengidentifikasi berbagai gerak
benda menggalir melalui percobaan dengan benar.
c. Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan
percobaan gerak benda memantul, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai gerak benda memantul melalui percobaan dengan
benar.
d. Setelah
mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda menggelinding,
siswa mampu Mengidentifikasi berbagai
gerak benda menggelinding melalui percobaan dengan benar.
e. Setelah
mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda berputar, siswa
mampu Mengidentifikasi berbagai gerak
benda berputar melalui percobaan dengan benar.
f.
Setelah mendengarkan
bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda tenggelam, siswa mampu Mengidentifikasi
berbagai gerak benda tenggelam melalui
percobaan dengan benar.
g.
Setelah siswa
melakukan percobaan tentang gerak benda, siswa mampu Menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi gerak benda benar.
Kognitif Proses
a. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru
tentang pengertian gerak benda, siswa mampu Menyimpulkan pengertian gerak benda
buku paket dengar tepat.
b. Dengan melakukan diskusi dengan teman
sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda jatuh dengan tepat.
c.
Dengan melakukan
diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda mengalir dengan tepat.
d. Dengan melakukan diskusi dengan teman
sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda memantul dengan tepat.
e. Dengan melakukan diskusi dengan teman
sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda menggelinding dengan tepat.
f. Dengan melakukan
diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda berputar dengan tepat.
g. Dengan melakukan diskusi dengan teman
sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak benda tenggelam dengan tepat.
B.
Psikomotor
a. Setealah
melakukan diskusi dengan kelompok, siswa mampu Melakukan Percobaan gerak benda jatuh, mengalir, memantul,
menggelinding, berputar, tenggelam dengan benar.
b. Setelah
melakukan percobaan tentang gerak benda, siswa mampu Membuat Kesimpulan faktor gerak benda yang dipengaruhi oleh
permukaan bendadengan benar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, teliti, percaya
diri, jujur, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja
sama, dan menghormati teman.
Matematika
A.
Kognitif
Kognitif
produk
a.
Setelah
mendengarkan penjelasan tentang sifat-sifat bangun ruang, siswa mampu Menyebutkan
sifat berbagai macam bangun datar sederhana dengan benar.
b.
Setelah
melakukan diskusi tentang sisfat-sifat bangun datar, siswa mampu Menjelaskan
sifat-sifat bagun datar dengan benar.
c.
Setelah
menjelaskan sifat-sifat bangun datar, siswa mampu Mengidentifikasi sifat atau
unsur bangun datar sederhana dengan tepat.
Kognitif
proses
a.
Dengan
melakukan diskusi kelompok, siswa mampu Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar sederhana dengan benar.
B.
Psikomotor
a.
Setelah menyebutkan sifat atau unsur bangun
datar sederhana, siswa mampu Membuat gambar bangun datar dengan benar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter jujur, tanggung jawab,
disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati teman.
Bahasa
Indonesia
A.
Kognitif
Kognitif
produk
a. Setelah
mendengarkan penjelasan tentang poeristiwa yang pernah dialami, siswa mampu Menjelaskan
definisi peristiwa yang pernah dialami, didengar, atau dilihat dengan benar.
b. Setelah
menuliskan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar, siswa mampu Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar baik.
Kognitif
proses
a. Dengan
melakukan diskusi kelompok tentang peristiwa yang ernah dialami, siswa mampu Mengidentifiasi
peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah dialami, dilihat, atau didengar dengan
tepat.
B.
Psikomotor
a.
Setelah
siswa mendiskusikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar, siswa
mampu Mendemonstrasikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
didepan kelas dengan benar.
C.
Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, tanggung jawab,
disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat
kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat,
bekerja sama, dan menghormati teman.
V.
Materi
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
· Macam-macam gerak benda:
Jatuh, mengalir, memantul,
menggelinding, berputar, tenggelam.
· Percobaan tentang gerak benda.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi gerak benda.
Bahasa
Indonesia
Peristiwa
· Yang
pernah dialami.
· Yang
pernah dilihat.
· Yang
pernah didengar.
Matematika
Bangun
ruang sederhana.
Sifat-sifat
bangun ruang.
VI.
Alokasi
Waktu : 2 X 35 menit
VII.
Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Problem
based Introduction (PBI)
Metode Pembejaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Pendahuluan
(10
menit)
|
1. Membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapaan hangat kemudian mengajak
siswa untuk mengucapkan yel-yel.
2. Memberikan
apersepsi dengan Guru memancing perhatian dengan memberikan contoh contoh
gerak benda, siswa diajak untuk menebak apa yang sedang di bawa oleh guru.
Apakah ini
bisa disebut gerak?
Apa yang
kalian ketahui tentang gerak?
(MPBI
Fase 1, metode Tanya jawab)
3. Mengomunikasikan
tujuan pembelajaran yang ingin di capai yaitu macam dan faktor gerak benda.
(MPBI Fase
1, metode ceramah)
|
Inti (50 menit)
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
|
1. Siswa diminta mengeluarkan beberapa contoh benda
yang sudah dibawa siswa untuk melakukan percobaan, siswa diminta
mengidentifikasi gerak benda tersebut secara cermat dan teliti.
(MPBI Fase
2, metode Tanya jawab)
2.
guru
menjelaskan macam-macam gerak benda dan faktor yang mempengaruhi dengan
mengunakan video atau tayangan power point
.
(MPBI Fase
2, metode Ceramah)
3. Guru
memberikan satu masalah kepada siswa tentang bagaimana cara melakukan
percobaan tentang gerak sebuah benda. Menunjukkan contoh gerak benda jatuh
Dengan harapan siswa dapat melakukan percobaan dan pengamatan tentang gerak
benda. Mengapa benda bisa bergerak.
(MPBI Fase
2, metode Penugasan)
4.
Mengorganisasikan
siswa secara berkelompok. Guru membagi siswa dalam suatu kelompok, satu
kelompok bernggotakan 4 orang. Dipandu dengan LKS dengan berbagai alat untuk
melakukan percobaan pada tiap kelompok, guru membimbing siswa untuk membentuk
kelompok serta melakukan percobaan, pengamatan, dan diskusi, menyelesaikan soal
dengan bekerjasama dan mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda secara jujur dan tanggung jawab.
(MPBI Fase
3, metode diskusi)
5. Guru
membantu siswa menyajikan hasil percobaan dan pengamatan dalam bentuk laporan
dari diskusi yang telah dilakukan.
(MPBI Fase
4, metode Ceramah)
6. Melakukan
evaluasi dengan menyampaikan hasil kinerjanya dengan percaya diri. Setiap kelompok dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas lalu kelompok lain diberi kesempatan bertanya dan menanggapinya dengan menyumbang ide atau berpendapat.
(MPBI Fase
5, metode diskusi dan pemberian tugas)
7. Guru memberi tanggapan serta umpan balik dari presentasi siswa mendengarkan penjelasan dari teman dan
guru dengan cermat.
(MPBI Fase
5, metode ceramah)
|
Penutup
(10 menit)
|
1. Membimbing
siswa melakukan refleksi dengan menyumbangkan ide untuk membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari dan mencatat hasil rangkuman secara individu
untuk melatih sifat kejujuran.
2. Guru
mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan tes hasil belajar
secara individu dengan teliti.
3.
Guru
menutup pelajaran.
|
IX.
Penilaian Hasil
Belajar
a.
bentuk
penilaian
·
tes tulis : pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian.
·
non tes : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.
spesifikasi
penilaian
·
spesifikasi soal lembar penilaian.
c.
instrumen penilaian
·
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
·
Kunci
Lembar Kerja Siswa
·
LP 1
: Kognitif
·
Kunci
LP 1 : Kognitif
·
LP 2
: Psikomotor
·
LP 3
: Pengamatan Perilaku Berkarakter
·
LP 4
: Pengamatan Keterampilan Sosial
X.
sumber dan media Pembelajaran
a.
Sumber
pembelajaran
iLmu
Pengetahuan Alam :
· Rositawati
S, Muharam Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta : Depdiknas
·
Sularmi, Wijayanti M.D. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta : Depdiknas.
·
Lembar
kerja siswa (LKS).
Bahasa Indonesia:
·
Sulistyaningsih, Mei, 2007. Bahasa Indonesia 3 untuk
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kelas III : Depdilnas Jakarta.
· Nur’aini Umri, dkk, 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar Kelas III : Depdiknas Jakarta.
·
Lembar
kerja siswa (LKS).
Matematika:
· Fajariayah, nur, dkk. 2008. cerdas berhitung matematika
untuk SD/MI kelas 3. pusat perbukuan Depdiknas (BSE) : Jakarta
·
Lembar
kerja siswa (LKS).
b.
Alat dan
media pembelajaran
·
Alat berupa LCD.
·
Gambar gerak
benda.
·
Alat-alat
percobaan (bola, kelereng, apa, dll)
·
Video dan
powerpoint tentang gerak benda.
Surabaya,
4 Januari 2013
Kepala
Sekolah Guru
Kelas III
(........................................) (AF. Suryaning Ati MZ.)
Terima kasih sekali postingannya, sangat bermanfaat sekali..
BalasHapusIjinkan kami untuk posting silabus rpp Anda ini di web kami http://silabusrpp.com
Pemberitahuan untuk rpp ipa kelas 3 sd sudah kami posting di di http://silabusrpp.com/rpp-ipa-kelas-3-7-sd-mi.html
Sama-sama semoga bermanfaat
Hapus