translate

Kamis, 21 Februari 2013

RPP TEMATIK IPA KELAS 3 SEMESTER 2

                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                : …………………………….
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                     : III (Tiga)/II (Dua)
Tema                                     :Teknologi
Alokasi waktu                       : 2 X 35 menit

 I.          Standar Kompetensi
Ilmu Pengetahuan Alam
  Energi dan perubahannya
              4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energy dan sumber energy
  Matematika
  4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
  Bahasa Indonesia
              6. menggungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
.
II.          Kompetensi Dasar
Ilmu Pengetahuan Alam
4. 1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentukdan ukuran                                     
 Matematika
4. 1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
Bahasa Indonesia
6. 2 menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.

III.          Indikator
Ilmu Pengetahuan Alam
A.        Kognitif
Kognitif Produk
a.      Mengidentifikasi berbagai  gerak benda jatuh melalui percobaan
b.       Mengidentifikasi berbagai  gerak benda menggalir melalui percobaan
c.       Mengidentifikasi berbagai  gerak benda memantul melalui percobaan
d.      Mengidentifikasi berbagai  gerak benda menggelinding melalui percobaan
e.      Mengidentifikasi berbagai  gerak benda berputar melalui percobaan
f.        Mengidentifikasi berbagai  gerak benda tenggelam melalui percobaan
g.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
Kognitif Proses
a.  Menyimpulkan pengertian gerak benda buku paket
b.  Menganalisis gerak  benda jatuh
c.   Menganalisis gerak  benda mengalir
d.  Menganalisis gerak  benda memantul
e.  Menganalisis gerak  benda menggelinding
f.    Menganalisis gerak  benda berputar
g.  Menganalisis gerak  benda tenggelam
B.        Psikomotor
a.  Melakukan Percobaan gerak benda jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, tenggelam
b.      Membuat Kesimpulan faktor gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan benda
C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
a.      cermat,
b.      Teliti,
c.       Percaya diri.
d.      Jujur,
e.      Tanggung jawab.
Afektif Ketrampilan sosial:
a.       Berpendapat.
b.      Bekerja sama.
c.       Menghormati pendapat teman.

Bahasa Indonesia
A.     Kognitif
Kognitif produk
a.    Menyebutkan sifat berbagai macam bangun datar sederhana.
b.    Menjelaskan sifat-sifat bagun datar.
c.    Mengidentifikasi sifat atau unsur bangun datar sederhana.
Kognitif proses
a.    Mengidentifikasi sisfat-sifat bangun datar sederhana.
B.      Psikomotor
a.    Membuat gambar bangun datar.
C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.  Jujur,
2.  tanggung jawab,
3.  Teliti, dan
4.  Percaya diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1.       Berpendapat.
2.       Bekerja sama.
3.       Menghormati pendapat teman.

Matematika
A.     Kognitif
Kognitif produk
a.  Menjelaskan definisi eristiwa yang pernah dialami, didengar, atau dilihat.
b.  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.
Kognitif proses
a.     Mengidentifiasi peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.
B.      Psikomotor
a.      Mendemonstrasikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar didepan kelas.
C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter:
1.     cermat,
2.     tanggung jawab,
3.     Teliti, dan
4.     Percaya diri.
Afektif Ketrampilan sosial:
1.       Berpendapat.
2.       Bekerja sama.
3.       Menghormati pendapat teman.

IV.          Tujuan Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
A.        Kognitif
Kognitif Produk
a.     Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda jatuh, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda jatuh melalui percobaan dengan benar.
b.    Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda menggalir, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda menggalir melalui percobaan dengan benar.
c.    Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda memantul, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda memantul melalui percobaan dengan benar.
d.  Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda menggelinding, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda menggelinding melalui percobaan dengan benar.
e.   Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda berputar, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda berputar melalui percobaan dengan benar.
f.        Setelah mendengarkan bagaimana cara melakukan percobaan gerak benda tenggelam, siswa mampu Mengidentifikasi berbagai  gerak benda tenggelam melalui percobaan dengan benar.
g.      Setelah siswa melakukan percobaan tentang gerak benda, siswa mampu Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda benar.

Kognitif Proses
a.  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian gerak benda, siswa mampu Menyimpulkan pengertian gerak benda buku paket dengar tepat.
b.  Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda jatuh dengan tepat.
c.   Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda mengalir dengan tepat.
d.  Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda memantul dengan tepat.
e.  Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda menggelinding dengan tepat.
f.   Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda berputar dengan tepat.
g.  Dengan melakukan diskusi dengan teman sekelmpok tentang gerak benda, siswa mampu menganalisis gerak  benda tenggelam dengan tepat.
B.        Psikomotor
a.   Setealah melakukan diskusi dengan kelompok, siswa mampu Melakukan Percobaan gerak benda jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, tenggelam dengan benar.
b.    Setelah melakukan percobaan tentang gerak benda, siswa mampu Membuat Kesimpulan faktor gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan bendadengan benar.

C.        Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, teliti, percaya diri, jujur, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.

Matematika
A.     Kognitif
Kognitif produk
a.    Setelah mendengarkan penjelasan tentang sifat-sifat bangun ruang, siswa mampu Menyebutkan sifat berbagai macam bangun datar sederhana dengan benar.
b.    Setelah melakukan diskusi tentang sisfat-sifat bangun datar, siswa mampu Menjelaskan sifat-sifat bagun datar dengan benar.
c.    Setelah menjelaskan sifat-sifat bangun datar, siswa mampu Mengidentifikasi sifat atau unsur bangun datar sederhana dengan tepat.
Kognitif proses
a.    Dengan melakukan diskusi kelompok, siswa mampu Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar sederhana dengan benar.
B.      Psikomotor
a.    Setelah menyebutkan sifat atau unsur bangun datar sederhana, siswa mampu Membuat gambar bangun datar dengan benar.
C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter jujur, tanggung jawab, disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.

Bahasa Indonesia
A.     Kognitif
Kognitif produk
a.  Setelah mendengarkan penjelasan tentang poeristiwa yang pernah dialami, siswa mampu Menjelaskan definisi peristiwa yang pernah dialami, didengar, atau dilihat dengan benar.
b. Setelah menuliskan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar, siswa mampu Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar baik.
Kognitif proses
a.  Dengan melakukan diskusi kelompok tentang peristiwa yang ernah dialami, siswa mampu Mengidentifiasi peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah dialami, dilihat, atau didengar dengan tepat.
B.      Psikomotor
a.     Setelah siswa mendiskusikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar, siswa mampu Mendemonstrasikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar didepan kelas dengan benar.
C.      Afektif
Afektif Perilaku berkarakter
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa mampu membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan karakter cermat, tanggung jawab, disiplin, teliti, dan percaya diri.
Afektif Keterampilan Sosial
     Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, siswa dapat membuat kemajuan dalam sikapnya dengan menunjukkan ketrampilan social berpendapat, bekerja sama, dan menghormati teman.

V.          Materi Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
·   Macam-macam gerak benda:
Jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, tenggelam.
·   Percobaan tentang gerak benda.
Faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda.
Bahasa Indonesia
Peristiwa
·                      Yang pernah dialami.
·                      Yang pernah dilihat.
·                     Yang pernah didengar.
Matematika         
                      Bangun ruang sederhana.
           Sifat-sifat bangun ruang.

VI.            Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

VII.        Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran :  Problem based Introduction (PBI)
Metode Pembejaran  : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
VIII.        Kegiatan Pembelajaran
 

Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan
        (10  menit)
1. Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapaan hangat kemudian mengajak siswa untuk mengucapkan yel-yel.
2. Memberikan apersepsi dengan Guru memancing perhatian dengan memberikan contoh contoh gerak benda, siswa diajak untuk menebak apa yang sedang di bawa oleh guru.
*      Apakah ini bisa disebut gerak?
*      Apa yang kalian ketahui tentang gerak?
      (MPBI  Fase 1, metode Tanya jawab)
3.   Mengomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai yaitu macam dan faktor gerak benda.
(MPBI Fase 1, metode ceramah)
Inti (50 menit)
  a.      Eksplorasi














b.      Elaborasi





















c.       Konfirmasi
1.  Siswa  diminta mengeluarkan beberapa contoh benda yang sudah dibawa siswa untuk melakukan percobaan, siswa diminta mengidentifikasi gerak benda  tersebut secara cermat dan teliti.
(MPBI Fase 2, metode Tanya jawab)
2.      guru menjelaskan macam-macam gerak benda dan faktor yang mempengaruhi dengan mengunakan video atau tayangan power point  .
(MPBI Fase 2, metode Ceramah)
3.  Guru memberikan satu masalah kepada siswa tentang bagaimana cara melakukan percobaan tentang gerak sebuah benda. Menunjukkan contoh gerak benda jatuh Dengan harapan siswa dapat melakukan percobaan dan pengamatan tentang gerak benda. Mengapa benda bisa bergerak.
(MPBI Fase 2, metode Penugasan)
4.      Mengorganisasikan siswa secara berkelompok. Guru membagi siswa dalam suatu kelompok, satu kelompok bernggotakan 4 orang. Dipandu dengan LKS dengan berbagai alat untuk melakukan percobaan pada tiap kelompok, guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok serta melakukan percobaan, pengamatan, dan diskusi, menyelesaikan soal dengan bekerjasama dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda secara jujur dan tanggung jawab.
(MPBI Fase 3, metode diskusi)
5. Guru membantu siswa menyajikan hasil percobaan dan pengamatan dalam bentuk laporan dari diskusi yang telah dilakukan.
(MPBI Fase 4, metode Ceramah)
6.  Melakukan evaluasi dengan menyampaikan hasil kinerjanya dengan percaya diri. Setiap kelompok dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas lalu kelompok lain diberi kesempatan bertanya dan menanggapinya dengan menyumbang ide atau berpendapat.
(MPBI Fase 5, metode diskusi dan pemberian tugas)
7.  Guru memberi tanggapan serta umpan balik dari presentasi siswa mendengarkan penjelasan dari teman dan guru dengan cermat.
(MPBI Fase 5, metode ceramah)
Penutup
(10 menit)
1.    Membimbing siswa melakukan refleksi dengan menyumbangkan ide untuk membuat rangkuman materi yang telah dipelajari dan mencatat hasil rangkuman secara individu untuk melatih sifat kejujuran.
2. Guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan tes hasil belajar secara individu dengan teliti.
3.      Guru menutup pelajaran.

IX.          Penilaian Hasil Belajar
a.      bentuk penilaian
·         tes tulis : pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian.
·         non tes : pengamatan perilaku oleh guru dan unjuk kerja.
b.      spesifikasi penilaian
·         spesifikasi soal lembar penilaian.
c. instrumen penilaian
·         Lembar Kerja Siswa (LKS)
·         Kunci Lembar Kerja Siswa
·         LP 1 : Kognitif
·         Kunci LP 1 : Kognitif
·         LP 2 : Psikomotor
·         LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter
·         LP 4 : Pengamatan Keterampilan Sosial

X.             sumber dan media Pembelajaran
             a.      Sumber pembelajaran
            iLmu Pengetahuan Alam :
·   Rositawati S, Muharam Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta : Depdiknas
·         Sularmi, Wijayanti M.D. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta : Depdiknas.
·         Lembar kerja siswa (LKS).

           Bahasa Indonesia:
·         Sulistyaningsih, Mei, 2007. Bahasa Indonesia 3 untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kelas III : Depdilnas Jakarta.
·    Nur’aini Umri, dkk, 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas III : Depdiknas Jakarta.
·         Lembar kerja siswa (LKS).
Matematika:
·     Fajariayah, nur, dkk. 2008. cerdas berhitung matematika untuk SD/MI kelas 3. pusat perbukuan Depdiknas (BSE) : Jakarta
·         Lembar kerja siswa (LKS).

             b.      Alat dan media pembelajaran
·         Alat berupa LCD.
·         Gambar gerak benda.
·         Alat-alat percobaan (bola, kelereng, apa, dll)
·         Video dan powerpoint tentang gerak benda.                                        

    

                                                                                  Surabaya, 4 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas III

      (........................................)                                          (AF. Suryaning Ati MZ.)

2 komentar:

  1. Terima kasih sekali postingannya, sangat bermanfaat sekali..
    Ijinkan kami untuk posting silabus rpp Anda ini di web kami http://silabusrpp.com

    Pemberitahuan untuk rpp ipa kelas 3 sd sudah kami posting di di http://silabusrpp.com/rpp-ipa-kelas-3-7-sd-mi.html

    BalasHapus